Arjana World

Home » Pemograman Web » Optimasi Mesin Penelusuran Google (SEO)

Optimasi Mesin Penelusuran Google (SEO)

February 2013
S M T W T F S
« Dec   Oct »
 12
3456789
10111213141516
17181920212223
2425262728  

Wonderful Tonight

Enter your email address to follow this blog and receive notifications of new posts by email.

Join 1,556 other followers

Apakah SEO itu?

SEO adalah singkatan dari Search Engine Optimization, yaitu serangkaian proses untuk meningkatkan halaman web sehingga mempunyai peringkat tinggi dalam search engine untuk keyword tertentu.

SEO dibagi menjadi 2, yaitu :

  •  On-page optimization.
  •  Off-page optimization.

On-page optimization mengacu kepada setiap metode yang anda gunakan untuk mengubah kode halaman. Sedangkan Off-page optimization adalah popularitas link website anda.

Ada beberapa cara yang dapat dilakukan agar situs web atau blog anda bisa mendapat peringkat atas pada search engine :

  1. Buat judul halaman yang unik dan akurat.
    Tag judul memberitahu pengguna dan mesin penelusuran mengenai topik tertentu suatu halaman. Tag <title> harus ditempatkan diantara tag <head> pada dokumen HTML. Idealnya, tag judul yang unik diperlukan untuk setiap halamam pada situs anda.

    Praktik untuk membuat judul halaman :

    • Gunakan judul yang singkat, tetapi jelas,  judul bisa singkat dan informatif. Jika judul terlalu panjang, Google hanya akan menampilkan sebagian dari hasil penelusuran.
      Hindari :

      • Menggunakan judul yang sangat panjang yang tidak membantu pengguna
      • Menyertakan kata kunci yang tidak diperlukan pada tag judul Anda.
    • Jelaskan konten halaman secara akurat, pilih judul yang berhubungan dengan topik konten halaman secara efektif.
      Hindari:

      • Memilih judul yang tidak berhubungan dengan konten pada halaman.
      • menggunakan judul yang standar atau kabur seperti “Untitled” atau “New Page 1”.
    • Buat tag judul unik untuk setiap halaman, setiap halaman anda idealnya harus mempunyai tag judul yang unik, yang membantu Google untuk mengetahui perbedaan halaman tersebut dengan halaman lainnya pada situs anda.
      Hindari :

      • Menggunakan satu tag judul pada semua halaman atau sekumpulan besar halaman situs anda.
  2. Menggunakan meta tag “description”.
    Halaman Deskripsi meta tag memberikan Google dan mesin penelusuran lainnya tentang ringkasan mengenai suatu halaman. Deskripsi halaman meta tag dapat berupa kalimat atau dua atau satu paragraf, sedangkan judul halaman dapat berupa beberapa kata atau frase. Google Webmaster Tools menyediakan konten yang memberitahukan mengenai deskripsi meta tag apapun yang terlalu pendek, panjang, atau terlalu banyak digandakan. Seperti tag <title>, deskripsi meta tag diletakan diantara tag <head> pada dokumen HTML anda.

    Praktik untuk membuat meta tag description :

    • Gunakan deskripsi yang unik untuk setiap halaman, dengan memiliki meta tag deskripsi untuk setiap halaman akan membantu pengguna dan Google, khususnya dalam penelusuran di mana pengguna mungkin membawa halaman ganda pada domain anda. Jika situs Anda memiliki ribuan atau bahkan jutaan halaman, meta tags deskripsi  anda mungkin tidak layak. Dalam kasus ini, anda dapat menjalankan meta tags deskripsi secara otomatis berdasarkan konten tiap halaman.
      Hindari :

      • menggunakan meta tag deskripsi tunggal melintasi semua laman situs Anda atau laman dalam jumlah besar.
    • Meringkas konten halaman secara akurat , tulis deskripsi yang akan menginformasikan dan menarik perhatian pengguna jika melihat meta tag deskripsi anda sebagai potongan dalam hasil penelusuran.
      Hindari :

      • menulis meta tag deskripsi yang tidak mempunyai hubungan dengan konten halaman.
      • menggunakan deskripsi umum seperti “Ini adalah halaman web” atau “Halaman tentang teknologi”.
      • mengisi deskripsi hanya dengan kata kunci.
      • menyalin dan merekat seluruh konten dokumen ke dalam meta tag deskripsi.
  3. Tingkatkan struktur URL.
    Dengan membuat kategori dan nama file yang deskriptif untuk dokumen situs web tidak hanya membantu situs tetap terorganisir dengan lebih baik, tapi juga dapat membawa penelusuran yang lebih baik pada dokumen anda dengan search engine. Hal ini juga akan membuat URL yang lebih mudah  dan “lebih bersahabat” untuk mereka yang ingin bertautan ke konten anda. Pengunjung mungkin diintimidasi oleh URl yang sangat panjang dan tersembunyi yang berisi sedikit kata yang dapat dikenali.

    Praktik untuk meningkatkan struktur URL :

    • Batlah struktur direktori yang sederhana , gunakan struktur direktori yang mengorganisir konten anda dengan baik dan memudahkan pengunjung untuk mengetahui tempat konten dalam situs. Usahakan untuk menggunakan struktur direktori anda untuk mengindikasikan jenis konten yang ditemukan dalam URL tersebut.
      Hindari :

      • membuat subdirektori nesting yang dalam seperti “…/dir1/dir2/dir3/dir4/dir5/dir6/page.html”.
      • menggunakan nama direktori yang tidak berhubungan dengan konten di dalamnya.
    • Gunakan kata-kata dalam URL dengan kata-kata yang relevan dengan konten dan struktur situs akan lebih bersahabat untuk para pengunjung yang menjalankan situs anda. Pengunjung lebih mengingat URL tersebut dan mungkin akan lebih tertarik untuk bertaut dengan mereka.
      Hindari :

      • menggunakan URL panjang dengan parameter yang tidak perlu.
      • memilih nama halaman umum seperti “page1.html”.
      • menggunakan kata kunci yang berlebihan.
  1. Buatlah situs agar lebih mudah dinavigasi.
    Navigasi situs penting dalam membantu pengunjung menemukan isi yang mereka inginkan secara cepat. Hal ini juga dapat membantu search engine memahami isi konten yang dianggap penting oleh web master. Meski hasil penelusuran Google sudah disediakan dalam tingkat halaman, Google juga ingin memiliki arti tentang peran yang ditampilkan halaman dalam gambar situs yang lebih besar.
    Semua situs memiliki beranda atau halaman “dasar”, yang biasanya merupakan halaman situs yang paling sering dibuka dan tempat permulaan navigasi untuk banyak pengunjung. Jika situs anda hanya memiliki halaman yang sedikit, anda sebaiknya berpikir tentang kenapa pengunnjung ingin pergi dari halaman dasar atau beranda ke halaman yang berisi konten yang lebih spesifik.

    Praktik untuk navigasi situs :

    • Buatlah hierarki yang mengalir dengan alami, buatlah sesederhana mungkin bagi pengguna untuk membuka konten umum dan konten spesifik yang mereka inginkan dalam situs anda. Tambahkan halaman navigasi jika perlu dan kerjakan penambahan ini secara efektif ke dalam struktur tautan internal anda.
      Hindar :

      • membuat web tautan navigasi yang rumit , misalnya menautkan setiap halaman pada situs anda ke setiap halaman lain.
      • keluar dengan mengiris dan memotong konten.
    • Gunakan sebagian besar teks untuk navigasi. Dengan mengontrol sebagian besar navigasi dari halaman ke halaman pada situs anda melalui tautan teks akan memudahkan search engine untuk menelusuri dan memahami situs anda. Banyak pengguna juga menyukai pendekatan ini dibanding lainnya, khususnya untuk piranti yang mungkin tidak menangani Flash atau JavaScript.
      Hindari :

      • memiliki navigasi yang seluruhnya didasarkan pada menu, gambar, atau animasi menurun (kebanyakan, tapi tidak semua, search engine dapat menemukan tautan-tautan seperti itu pada sebuah situs, tapi jika seorang pengguna dapat membuka semua laman dalam situs lewat tautan teks normal, maka akan meningkatkan aksesibilitas situs anda.
    • Gunakan navigasi “breadcrumb”. Breadcrumb adalah sebaris tautan internal pada bagian atas atau bawah halaman yang memungkinkan pengunjung untuk menavigasi balik ke bagian sebelumnya atau ke halaman dasar dengan cepat. Banyak breadcrumbs memiliki halaman yang paling umum (biasanya halaman dasar) sebagai tautan pertama dan paling kanan dan memuat bagian yang lebih spesifik keluar ke sisi kanan.
    • Letakkan halaman peta situs HTML pada situs anda, dan gunakan file Peta situs XML – Halaman peta situs yang sederhana dengan tautan ke semua halaman atau halaman yang paling penting (jika anda memiliki ratusan atau ribuan) pada situs anda akan sangat berguna. Dengan membuat file Peta situs XML untuk situs anda membantu menjamin search engine  menemukan hlaman-halaman pada situs anda.
      Hindari :

      • membiarkan halaman peta situs HTML Anda menjadi usang dengan tautan yang putus.
      • membuat peta situs HTML yang memuat halaman-halaman begitu saja tanpa mengaturnya, misalnya berdasarkan subyek.
  1. Tawarkan konten dan layanan yang berkualitas.
    Membuat konten yang berkualitas dan berguna akan lebih mempengaruhi situs web anda dibandingkan faktor lain yang dibahas di sini. Pengguna mengetahui konten yang bagus ketika mereka melihat konten tersebut dan mungkin akan mengarahkan pengguna lain ke konten tersebut. Ini bisa melalui posting blog, layanan media sosial, email, forum, atau media lain.

    Praktik konten yang bagus :

    • Tulis teks yang mudah di baca. Pengguna menikmati konten yang ditulis dengan baik dan mudah diikuti.
      Hindari :

      • menulis teks yang tidak rapi dengan kesalahan penulisan dan gramatika yang banyak.
      • menempelkan teks dalam gambar untuk konten tekstual.
    • Tetaplah diatur di sekitar topik. Selalu menguntungkan untuk mengatur konten anda sehingga pengunjung nyaman ketika salah satu konten dimulai dan lainnya diakhiri. Membagi konten anda menjadi keratan atau divisi membantu pengguna menemukan konten yang mereka dapatkan lebih cepat.
      Hindari :

      • membuang jumlah teks banyak pada topik yang beragam ke dalam halaman tanpa paragraf, sub judul, atau pemisahan tampilan.
    • Buat isi yang segar dan unik. Konten baru tidak hanya akan menjaga pengunjung anda untuk balik lagi, tapi juga membawa pengunjung baru.
      Hindari :

      • mengulangi (atau bahkan menyalin) konten yang ada yang akan mendatangkan nilai tambah sedikit kepada pengguna.
      • menduplikat atau hampir menduplikat versi dari konten di situs anda.
    • Menawarkan konten atau layanan eksklusif. Pertimbangkan untuk membuat layanan baru dan berguna yang tidak ditawarkan situs lain. Anda juga bisa menuliskan artikel riset orisinal, melaporkan berita yang menarik, atau meningkatkan basis pengguna yang unik. Situs lain mungkin kekurangan sumber daya atau tenaga ahli untuk melakukan hal ini.
    • Ciptakan konten yang khusus untuk pengguna anda, bukan search engine. Merancang situs anda untuk kebutuhan pengunjung disaat bersamaan memastikan situs anda mudah untuk diakses bagi search engine yang biasanya menghasilkan hasil positif.
      Hindari :

      • memasukan kata kunci yang tidak penting yang ditujukan untuk search engine tapi menggangu atau tidak masuk akal bagi pengguna.
      • secara curang menyembunyikan teks dari pengguna, tapi menampilkannya bagi search engine.
  1. Tulis teks pengait yang lebih baik.
    Teks pengait adalah teks yang dapat diklik yang akan dilihat pengguna sebagai hasil dari tautan, dan terletak di antara tag pengait <a href=”…”></a>. Teks pengait memberitahu Google tentang halaman yang anda tautkan. Tautan pada halaman anda mungkin hanya internal yang menunjukan halaman lain pada situs anda atau eksternal mengarah pada konten pada situs lain.

    Praktik untuk membuat teks pengait :

    • Pilih teks yang deskriptif. Teks pengait yang anda gunakan tautan harus menyediakan setidaknya gagasan dasar dari halaman yang tertaut.
      Hindari :

      • menulis teks pengait yang umum seperti “halaman”, “artikel”, atau “klik di sini”.
      • menggunakan teks yang tidak sesuai topik atau tidak ada kaitannya dengan konten dari halaman yang tertaut.
      • menggunakan URL halaman sebagai teks pengait.
    • Tulis teks yang ringkas, usahakan tulis teks yang pendek tapi deskriptif. Biasanya beberapa kata atau frasa pendek.
      Hindari :

      • menulis teks pengait yang panjang, seperti kalimat yang panjang atau paragraf pendek.
    • Format tautan agar mudah terlihat. Memudahkan pengguna membedakan antara teks biasa dan teks pengait pada tautan anda. Konten anda menjadi kurang berguna jika pengguna tidak melihat tautan atau tidak sengaja mengkliknya.
      Hindari :

      • menggunkan CSS atau pengaya teks yang membuat tautan seperti teks biasa.
    • Pikirkan teks pengait untuk tautan internal juga. Anda mungkin berpikir tentang menautkan dalam kaitannya dengan menunjuk pada situs web luar, tapi dengan lebih memperhatikan pada teks pengait yang digunakan untuk tautan internal yang dapat membantu pengguna dan juga Google menavigasikan situs anda dengan lebih baik.
      Hindari :

      • menggunakan teks pengait yang panjang atau dipenuhi oleh kata kunci yang berlebihan hanya untuk search engine.
      • menciptakan tautan yang tidak perlu yang tidak membantu pengguna.
  1. Gunakan tag heading sewajarnya.
    Tag heading digunakan untuk menyajikan struktur pada halaman bagi pengguna. Terdapat enam ukuran dari tag heading, yang diawali dengan <h1>, yang terpenting, dan diakhiri dengan <h6>, yang tidak terlalu penting.

    Praktik untuk membuat tag heading :

    • Bayangkan kamu menulis sebuah ikhtisar, mirip seperti menulis ikhtisar untuk surat kabar besar. Masukan ide pada apa yang akan menjadi poin utama dan sub-poin konten pada halaman dan tentukan di mana tag heading akan digunakan dengan baik.
      Hindari :

      • menempatkan teks pada tag heading yang tidak akan berguna dalam menentukan struktur halaman.
      • menggunakan tag heading disaat menggunakan tag lain seperti <em> dan <strong> mungkin lebih pantas.
      • secara tidak beraturan berganti dari ukuran tag heading yang satu ke lainnya.
    • Gunakan heading dengan hemat di sepanjang halaman. Gunakan tag heading saat memang masuk akal untuk digunakan. Terlalu banyak tag heading pada sebuah halaman dapat membuat pengguna kesulitan untuk memindai konten dan menentukan akhir dari satu topik dan awal dari lainnya.
      Hindari :

      • menggunakan tag heading secara berlebihan disepanjang halaman.
      • memasukan seluruh teks halaman ke tag heading.
      • menggunakan tag heading hanya untuk gaya dan tidak mewakili struktur.
  1. Optimalkan penggunaan gambar.
    Gambar dapat menjadi komponen langsung dari situs anda, tapi penggunaannya dapat dioptimalkan. Semua gambar dapat memiliki nama yang berbeda dan atribut “alt” yang harus anda manfaatkan.
    atribut “alt” membuat anda dapat menetapkan teks alternatif untuk gambar jika tidak dapt ditampilkan untuk alasan tertentu.

    Praktik untuk mengoptimalkan gambar :

    • Gunakan nama file dan teks alt yang singkat, tapi deskriptif – Seperti bagian lain dari halaman yang menjadi target pengoptimalan, nama file dan teks alt (untuk bahasa ASCII) lebih baik jika pendek, tapi deskriptif.
      Hindari :

      • megunakan nama file yang umum seperti “gambar1.jpg”, “gbr”1.gif”.
      • menulis nama file yang sangat panjang.
      • memasukkan kata kunci kedalam teks alt atau menyalin dan merekat seluruh kalimat.
    • Menyediakan teks alt saat menggunakan gambar sebagai tautan. Jika anda memutuskan untuk menggunakan gambar sebagai tautan, mengisi teks alt akan membantu Google lebih memahami tentang halaman yang anda tautkan. Bayangkan anda menulis teks pengait untuk tautan teks.
      Hindari :

      • menulis teks alt yang terlalu panjang yang dapat dianggap spam.
      • hanya gunakan tautan gambar untuk navigasi situs anda.
    • Simpan gambar pada direktori sendiri. Daripada memiliki gambar yang tersebar di beberapa direktori dan subdirektori di sepanjang domain anda, pertimbangkan untuk memperkuat gambar anda ke dalam direktori tunggal. Ini akan mempermudah jalur ke gambar anda.
    • Gunakan tipe file yang umum, format gambar yang didukung oleh kebanyakan perayapan seperti JPEG, GIF, PNG, dan BMP. Ide yang baik juga jika memiliki ekstensi dari nama file anda sama dengan tipe filenya.
  1. Gunakan robots.txt dengan baik.
    File “robots.txt” memberitahu mesin penelusuran apakah mereka dapat mengakses dan merayap dibagian situs anda. File ini, yang harus dinamai “robots.txt”, diletakan di direktori pusat situs anda.

    Praktik untuk menggunakan robots.txt dengan baik :

    • Gunakan metode yang lebih aman untuk konten yang sensitif. Anda tidak boleh merasa nyaman menggunakan robots.txt untuk memblokir materi sensitif atau rahasia. Satu alasan adalah search engine masih dapat memberi referensi URL yang anda blok (hanya menunjukkan URL, tidak ada judul atau snippet) jika ternyata ada tautan ke URL itu di Internet (seperti catatan pengacu). Tidak hanya itu, search engine  yang tidak patuh atau jahat yang tidak mengakui Robots Exclusion Standard dapat menentang instruksi dari robots.txt anda. Terakhir, pengguna yang ingin tahu dapat memeriksa direktori atau subdirektori pada robots.txt anda dan menebak URL dari konten yang anda tidak inginkan untuk terlihat. Mengenksipsi konten atau melindunginya dengan kata sandi dengan .htaccess merupakan alternatif yang lebih aman.
      Hindari :

      • membiarkan halaman yang disukai hasil penelusuran untuk dijalari.
      • membiarkan terbentuknya URL sebagai hasil dari layanan proxy untuk dijalari.
  1. Promosikan situs web anda dengan cara yang benar.
    Sementara banyak tautan ke situs anda akan didapat secara perlahan, saat orang menemukan konten anda melalui penelusuran atau cara lain dan tertaut padanya, Google akan mengerti bahwa anda ingin orang lain mengetahui konten anda. Mempromosikan konten baru anda secara efektif  akan mengacu pada penemuan yang lebih cepat bagi mereka yang tertarik pada subyek yang sama.

    Praktik untuk mempromosikan situs web :

    • Tambahkan bisnis anda ke Pusat Bisnis Lokal Google. Jika melakukan bisnis lokal, menambahkan informasinya ke Pusat Bisnis Lokal Google akan membantu menjangkau para pelanggan pada Google Maps dan penelusuran web. Pusat Bantuan Webmaster memiliki tips selengkapnya mengenai promosi bisnis lokal.
    • Blog tentang konten atau layanan yang baru. Posting blog pada situs sendiri memberitahukan pangkalan pengunjung bahwa menambah sesuatu yang baru merupakan cara yang hebat agar konten atau layanan yang baru diketahui. Webmaster lain yang mengikuti situs atau RSS feed anda dapat juga belajar sendiri ceritanya.
    • Jangan lupa berpromosi secara luring. Meluangkan usaha untuk mempromosikan perusahaan atau situs secara luring dapat bermanfaat juga. Misalnya, jika memiliki situs bisnis, pastikan URL tercantum dalam kartu bisnis, kepala surat, poster, dll. anda juga dapat mengirimkan laporan berkala kepada para klien melalui surat agar mereka mengetahui konten pada situs web perusahaan.
    • Mengenali situs media sosial. Situs-situs yang dibangun di sekeliling interaksi dan sharing memudahkan untuk berhubungan.
      Hindari :

      • mempromosikan setiap konten baru dan bagian kecil konten yang anda buat, coba buat item yang besar dan menarik.
      • melibatkan situs dalam skema yang konten anda dipromosikan secara palsu kepada layanan teratas ini.
  2. Manfaatkan alat webmaster gratis.
    Mesin penelusuran terbesar, termasuk Google, menyediakan alat gratis untuk webmaster. Alat Webmaster Google membantu webmaster mengontrol lebih baik bagaimana Google berinteraksi dengan situs web mereka dan mendapatkan informasi bermanfaat dari Google mengenai situs mereka. Dengan Alat Webmaster tidak akan membantu situs mendapatkan perlakuan istimewa. Tapi, bisa membantu mengenali masalah yang, jika dialamatkan, bisa membantu situs berkinerja lebih baik dalam hasil penelusuran.

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: