Arjana World

Home » Sistem Operasi » Kelebihan dan Kekurangan pada Vista, Leopard, dan Ubuntu

Kelebihan dan Kekurangan pada Vista, Leopard, dan Ubuntu

October 2012
S M T W T F S
    Dec »
 123456
78910111213
14151617181920
21222324252627
28293031  

Wonderful Tonight

Enter your email address to follow this blog and receive notifications of new posts by email.

Join 1,556 other followers

Kelebihan Windows Vista 64 bit :

  1. Kedalaman warna lebih tinggi, menyebabkan GUI ( Graphic User Interface ) lebih indah.
  2. Bisa membaca RAM sampai 16 GB ( tergantung mobonya ), beda sama XP 32 bit yg cuma mampu baca RAM maximal 3,3GB,, walopun kamu pasang lebih dari itu.
    sehingga lebih dipilih untuk proses 3d rendering ( desain ) yg notabene membutuhkan banyak RAM untuk meningkatkan kcepatan render
  3. Mendukung dirrectX 10, membuat gerakan dan grafis game menjadi lebih halus dan sdikit lbh realistis walaupun dengan vga yg sama ( VGA yg udah support dirrectX10 tentunya )
  4. Tentu saja pengalaman baru menjelalah PC dengan rasa tridi ( 3D ) yang canggih berkat AERO
  5. Perbaikan dan penambahan fitur yang lebih canggih seperti Clear, Confident and Connected
  6. Kualitas tampilan yang prima
  7. Lebih sedikit system – crash dibanding pada Windows XP
  8. Built – in Support Option yang memberikan keleluasaaan lebih kepada pengguna
  9. Mode pencarian file yang lebih mudah/live search
  10. Security lebih baik

Kekurangan Windows Vista 64 bit :

  1. Makan virtual memory cukup besar, sehingga lebih membebani komputer.
  2. Karena butuh virtual memory cukup besar, maka butuh ram lebih banyak pula.
    contoh : game² jman skarang, pasti kbnyakan minimum specnya:
    1GB of RAM for XP, 1.5GB for Vista
  3. Banyak / beberapa driver ga compatible, driver XP 32 bit gag bakal bisa jalan di driver vista 64 bit, shingga kmu perlu menginstall ulang driver,, ato malahan perlu download lagi yg versi 64bit.
  4. Beberapa aplikasi grafis 32 bit / yg cuma pake dirrectX 9 ke bawah juga ada yg ga compatible jalan di vista, kcuali udah disertakan .exe 64 bit didalamnya.
  5. Belum dibarengi dengan diluncurkannya software yang secara eksklusif mendukung dan bersinergi dengan feature-feature vista
  1.  Membutuhkan virtual memori yang besar, biasanya dapat digunakan pada Komputer dengan spec yang cukup tinggi bila spec Komputer minim akan terasa berat
  2.  Ada beberapa aplikasi yang belum support di Vista (gak Compitible)
  3.  Biasanya digunakan pada PC dengan spec yang cukup tinggi
  1. Fitur – fitur canggihnya bekerja optimal hanya pada lingkungan windows
  2. Belum dibarengi dengan diluncurkannya software yang secara eksklusif mendukung dan bersinergi dengan fitur – fitur Vista
  3. Terlalu banyak varian seri yang mungkin akan membingungkan calon pengguna
  4. Bila spek komputer minim akan terasa berat
  5. Terlalu banyak tampilan yg seharusnya tidak di gunakan

Kelebihan Leopard:

– System sudah berjalan 64 bit, meskipun untuk mengaktifkan kernel 64 bit nya, dibutuhkan sedikit pengaturan. tetapi biasanya apple akan mengeluarkan updatenya di kira2 system 10.6.5 / ke atas, untuk bisa berjalan dengan system 64 bit sepenuhnya.

– Adanya fitur open CL, yang menggantikan open GL. tetapi tetap masih memsupport open GL dengan sempurna

– Cara menginstallnya sangat mudah dan waktu yang dibuthukna untuk menginstall hanya kira2 1 jam saja.

– Hardisk yang dibutuhkan sedikit, hanya kira2 5GB saja (jadi setelah install snow leopard bila diupgrade dari leopard, pasti HD akan bertambah) ^^

– Dekstop yang lebih interaktif, terutama di animasinya. Selain itu, pengaturan yang lebih simpel.

– Shutdown yang sangat cepat. Dan paling cepat saat ini. waktu untuk shutdown hanya dibutuhkan kira2 3-4 detik saja.

– tambahan fitur spt quick time X, pdf viewer, fitur quick look berjalan dengan maksimal, hampir support semua file (hal ini sangat membantu bagi saya), dll

 Kekurangan Leopard:

– Beberapa program tidak dapat berjalan, karena masih menggunakan system 32 bit. berikut adalah beberapa daftar yang tidak support di Snow…

  • Parallels Desktop, v2.5 and earlier
  • McAfee VirusScan, v8.6
  • Norton AntiVirus v11.0
  • Internet Cleanup 5 v5.0.4
  • Application Enhancer v2.0.1 and earlier
  • Unsanity
  • AT&T Laptop Connect Card v 1.0.4, 1.0.5, 1.10.0
  • launch2net v2.13.0
  • iWOW plug-in for iTunes v2.0
  • Missing Sync for Palm Sony CLIE Driver v6.0.4
  • TonePort UX8 Driver v4.1.0
  • ioHD Driver v6.0.3
  • Silicon Image SiI3132 Drivers v1.5.16.0

– Banyak driver printer yang tidak diikutkan dalam snow leopard 10.6, tetapi di update yang 10.6.1 dan 10.6.2 apple telah mengikutkan driver2 printer tersebut, meskipun belum lengkap.

– Beberapa user masih mengeluh banyaknya masalah yang terjadi di airport, terutama di mac 10.6 / 10.6.1

– GUI tidak berubah banyak. secara perkembangan, win 7 lebih signifikan dalam memperbaiki GUI / dekstop.

– Snow leopard hanya bisa berjalan pada processor berbasis intel saja.

– Kecepatan pada saat menjalankan aplikasi tidak berbeda jauh dibanding dengan leopard, malah mengalami penurunan kcepatan sekitar 2,5%.

– bootcamp dan beberapa modem USB tidak terbaca pad saat menggunakan snow leopard dengan kernel 64 bit.

Kelebihan Linux Ubuntu:

  • Linux merupakan sistem operasi bebas dan terbuka (open source). Sehingga tidak perlu biaya lisensi untuk membeli atau menggunakan Linux, gratis.
  • Linux mudah digunakan. Dulu, Linux dikatakan merupakan sistem operasi yang sulit dan hanya dikhususkan untuk para hacker karena masih berbasis teks (DOS). Namun, kini Linux mudah digunakan hampir semudah menggunakan Windows, bahkan masalah style pun, Linux lebih baik dari Windows 7.
  • Hampir semua aplikasi yang terdapat di Windows, telah terdapat alternatifnya di Linux karena banyak komunitas-komunitas pengembangnya, semisal sourceforge.net. , atau bila terpaksa kita bisa menjalankan software untuk Windows di Linux dengan bantuan emulator seperti Wine sehingga file .exe dan .msi dapat dijalankan.
  • Keamanan. Hampir semua pengguna Windows pasti pernah terkena virus, spyware, trojan, adware, dsb. Hal ini, hampir tidak terjadi pada Linux. Linux sejak awal didesain multi-user, sehingga bila virus menjangkiti user tertentu, akan sangat sangat sulit menjangkiti dan menyebar ke user yang lain. Beberapa orang berpendapat bahwa Linux lebih aman karena jumlah penggunanya lebih sedikit dibanding Windows, namun anggapan itu tidaklah tepat.
  • Linux relatif stabil. Komputer yang dijalankan di atas sistem operasi UNIX sangat dikenal stabil berjalan tanpa henti. Linux, yang merupakan varian dari UNIX, juga mewarisi kestabilan ini. Jarang ditemui, komputer yang tiba-tiba hang dan harus menekan tombol Ctrl-Alt-Del atau Restart untuk mengakhiri kejadian tersebut.
  • Linux mempunyai kompatibilitas ke belakang yang lebih baik (better backward-compatibilty). Perangkat keras yang telah berusia lama, masih sangat berguna dan dapat dijalankan dengan baik di atas Linux. Selain itu, tidak pernah ditemui dokumen-dokumen yang lebih baru tidak dapat dibaca pada Linux versi yang lebih lama. Pada Windows, kita seakan dituntut untuk terus mengikuti perkembangan perangkat keras, seperti kasus file .docx (Word 2007-2010) yang tidak bisa dibuka dengan Microsoft Word 2003 atau versi dibawahnya.
  • Dukungan komunitas yang beragam dan menyebar di seluruh dunia.
  • Linux selain gratis untuk digunakan, gratis pula untuk dimodifikasi dan didistribusikan ulang. Bahkan kita dapat mengembangkan distro kita sendiri.
  • Beragam pilihan. Hal ini bisa menjadi kelebihan maupun kekurangan. Banyak distro bermunculan, contoh yang populer seperti Ubuntu, Debian, RedHat, openSuSe, Fedora, Mandriva (Mandrake), dsb. Keanekaragaman ini memberi kita banyak pilihan sesuai dengan kebutuhan masing-masing, namun di satu sisi hal ini juga akan membingungkan calon pengguna Linux. Lihat chart distribusi Linux di http://distrowatch.com untuk mengetahui rangking distro-distro Linux.
  • Linux membutuhkan resource yang lebih kecil dari Windows, sehingga cocok untuk komputer dengan spesifikasi minimal. Selain itu hampir semua distro populer menyediakan versi 32 bit maupun 64 bit.
  • Linux dapat berjalan dalam dua mode, modus teks dan modus GUI namun pada umumnya modus teks (terminal) ini lah yang menjadi kekuatan Linux. Modus GUI sendiri memiliki banyak pilhan desktop environment-nya seperti KDE, Gnome, BlackBox, XFCE.

Kekurangan Linux Ubuntu:

  • Banyak pengguna yang belum terbiasa dengan Linux dan masih ‘Windows minded’, takut untuk beralih dari Windows.
  • Dukungan perangkat keras dari vendor-vendor tertentu yang tidak terlalu baik pada Linux. Untuk mencari daftar perangkat keras yang didukung pada Linux, kita dapat melihatnya di Linux-Drivers.org atau LinuxHardware.org.
  • Proses instalasi software / aplikasi yang tidak semudah di Windows. Instalasi software di Linux, akan menjadi lebih mudah bila terkoneksi ke internet atau bila mempunyai CD / DVD repository-nya. Bila tidak, maka kita harus men-download satu per satu package yang dibutuhkan beserta dependencies-nya.
  • Bagi administrator sistem yang belum terbiasa dengan Unix-like (seperti Linux), maka mau tidak mau harus mempelajari hal ini. Sehingga syarat untuk menjadi administrator adalah manusia yang suka belajar hal-hal baru dan terus-menerus belajar.
  • Aplikasi-aplikasi di Linux belum seampuh aplikasi di Windows.
  • Struktur direktori dan hak-akses yang membingungkan bagi yang sudah terbiasa dengan Windows dan belum mengenal UNIX/Linux sama sekali.

Kelebihan dan Kekurangan pada Vista, Leopard, dan Ubuntu

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: